Senin, 27 Februari 2017

Basic Makeup yang Perlu Diketahui oleh Pemula


Ketemu weekend lagi artinya, ketemu postingan saya yang berbau kecantikan, Setelah minggu kemarin saya bahas tentang produk-produk Skin Care, kali ini saya bakalan bahas tentang Basic Makeup untuk pemula. Saya pernah jadi pemula dalam hal makeup, bukan berarti sekarang ini sudah jadi master, tapi setidaknya saya sudah tidak galau lagi mesti beli produk makeup apa dan bagaimananya.

Adakah pembaca wanita di sini yang sama sekali tidak pakai makeup? Salut! Secuek-cueknya saya, enggak tahan liat warna-warni lipstick dan kuteks. Gemes! Bawaannya pengen cobain. Apalagi maskara yang bikin cetar bulu mata, atau cat eyes eyeliner yang bisa bikin mata sayu jadi melek bak kucing persia, dan concealer yang bisa nutupi bekas jerawat kering kehitaman. *doh... tutup mata ajalah tiap jalan ke Mall dan nemu stand makeup.

But... lagi-lagi saya tuliskan, beli makeup jangan cuma kemakan iklan dan ikut-ikutan teman, sesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Berikut sedikit tips dari saya sebelum memutuskan untuk ber-makeup ria:


1. KENALI JENIS KULIT

Kulitmu termasuk kering, berminyak, atau kombinasi? Kenali dulu jenis kulitmu lalu sesuaikanlah ketika ingin membeli produk-produk makeup sebagai berikut: foundation, primer, BB/CC/DD cream, dan bedak. Artinya. jangan menggunakan foundation, Primer, BB/CC/DD cream, dan bedak untuk kulit berminyak pada kulit keringmu, bukannya jadi cantik malah bikin kulit tambah kering dan terkesan berkerut-kerut. Biasanya merk makeup yang bagus menyediakan produk sesuai dengan jenis kulit. 


2. KENALI BENTUK WAJAH

Wajah bermacam-macam bentuknya. Semakin kamu mengenali bentuk wajahmu semakin kamu paham produk apa saja yang dibutuhkan untuk menunjukan kelebihan dan menutupi kekurangannya Ayo, ambil kaca sekarang juga! Perhatikan... wajahmu mendekati bentuk yang mana? Kalau saya nomor 4, Square. :)

Kesusahan menetukan bentuk wajah? Mungkin website ini bisa membantu: How to Determine Your Face Shape


3. KENALI KELEBIHAN & KEKURANGAN WAJAH

Menyambung poin kedua di atas, setelah mengenali bentuk wajah, kita jadi paham kekurangan dan kelebihannya. Misal: wajah kamu bulat/round, berarti makeup yang digunakan fokus untuk menyamarkan pipi chubby, dengan membeli blush on dan bronzer sebagai shading/counturing akan membantu membentuk tulang pipi. Contohnya seperti ini:


Nah, kebalikannya dari wajah square seperti saya, bush on digunakan pada bagian tulang pipi yang menonjol saja agar wajah terlihat lebih halus dan tidak terlalu kaku.

Jangan malas berksperimen, sudah banyak teknik dan tips makeup di internet, searching saja dengan keyword: makeup for oval(atau round, heart, square, triangle, dan diamond) face di google atau youtube, dan viola! Kita bisa expert dalam semalam. Kuncinya adalah...

4. LATIHAN!

Yup, kuncinya adalah latihan. Makin sering latihan pakai makeup di depan cermin, makin jagolah kita. Jadi, jangan suka nyiyir ya lihat wanita cantik yang doyan makeup. Sesungguhnya mereka telah mengobarkan tenaga, waktu, dan materi agar terlihat cantik dan memuaskan.


5. BERSIHKAN

Setelah menggunakan makeup seharian, jangan lupa dibersihkan sampai benar-benar tuntas. Makeup yang tidak dibersihkan dengan benar bisa jadi Bumerang. Maunya cantik tapi kok malah jerawatan? Biasanya sering terjadi ketika kita malas cuci muka dan membawa makeup tidur sampai besok paginya. Maka jangan heran kalau dua hari kemudian wajah jadi beruntusan. Gimana cara bersihin makeup secara maksimal? Bisa baca di sini: Produk Skin Care yang Wajib Digunakan Wanita Usia 20an


Trend makeup 2016, menurut makeup artist Oscar Daniel di event SK-II yang saya hadiri bulan November lalu, adalah "Statement Makeup". Artinya trend sekarang ini tidak lagi mengaplikasikan semua jenis makeup yang akan memberi kesan "berat" di wajah, melainkan hanya menggunakan produk makeup tertentu sebagai citra diri.

Misal statement makeup kamu adalah wanita cheerful nan romantis, maka penggunaan makeup yang disarankan adalah lipstick warna pastel, blush on warna pink natural, dan maskara dramatis. Atau ingin dikenal sebagai wanita glamour? Berarti harus fokus ke foundation/primer/bedak bagus, alis cetar, dan sentuhan lipstick merah merona. Dan gaya-gaya lainnya yang mewakili citra diri kamu. Jika belum menentukan statement makeup, fokus saja pada kelebihan & kekurangan wajah. Acuannya ada pada poin nomor 2 dan 3 tadi.

Saya contohkan Satement Makeup kesukaan saya yang fokus pada mata dan bibir. Sebelumnya, saya sudah tahu kekurangan wajah saya ada pada:
- Bekas jerawat
- Alis saya yang tebal namun berantakan
- Mata saya yang sayu dan memiliki dark circle
- Bibir saya yang pucat dan kehitaman

Maka saya perlu mengandalkan produk-produk berikut:
- Concealer untuk menutupi bekas jerawat dan dark circle
- Pensil alis untuk merapikan dan mempertegas bingkai wajah
- Eyeliner agar mata saya terkesan besar dan tidak mengantuk, terakhir
- Lipstick matte warna stabilo kesukaan saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar