Senin, 27 Februari 2017

Makeup untuk Sekolah


Kali ini saya ingin share tentang pilihan makeup untuk remaja alias ABG meskipun saya udah nggak masuk golongan itu lagi hehehe.. Harapannya sih ini bisa bermanfaat buat adik-adik yang sedang suka merawat diri. 


Sekolah memang nomor satu, tapi penampilan harus tetap dijaga. Jangan seperti saya, waktu sekolah cuma mementingkan belajar tapi nggak ngurus muka. Cewek itu harusnya punya keseimbangan, nggak hanya hati & otak saja yang unggul - sebisa mungkin penampilan juga dirawat agar selalu menarik. Kalo nggak gitu nanti menyesal beberapa tahun kemudian *ehm pengalaman pribadi*


Banyak orang mengecam remaja putri yang ingin pakai makeup ke sekolah. 
"Mau sekolah apa kondangan?"
"Pelajar itu nggak usah pake makeup, kayak emak-emak"
"Belajar dulu yang bener, jangan kayak anak sekolah di sinetron"

Girls, makeup untuk ke sekolah bukan makeup yang selebay itu. Jelas itu nggak cocok jika diterapkan di sekolah kalian, bisa-bisa kena hukuman dari guru. Makeup untuk sekolah adalah yang minimalis, sekedar untuk membuat wajah terlihat segar sekaligus terlindungi dari dampak negatif sinar matahari. Begini langkah-langkahnya

1. Mulai dengan pelembab



Pakai pelembab sesuai jenis kulit. Jika kulitmu berminyak, pilih pelembab yang berbentuk lotion ringan / gel dan oil-free. Jika kulitmu kering, pakai yang krim. Pelembab penting untuk menjaga keseimbangan air & minyak pada kulit. Bahkan kulit berminyak sangat butuh pelembab, terutama yang dapat mengontrol minyak. Berikut ini adalah contoh beberapa merek moisturizer dengan formula ringan. Merek-merek seperti Pond's, Garnier, Citra Hazeline, Fair n Lovely dsb. saya rasa juga tidak masalah untuk remaja usia SMA, namun untuk kulit anak SMP mungkin agak berat --> berdasarkan pengalaman adik-adiknya temen saya
Red-A, brand lokal kosmetik remaja. Moisturizernya mengandung red algae (ganggang merah), vitamin E sebagai antioksidan, provitamin B6 untuk regenerasi sel kulit, dan UV filter

Clean n Clear essential moisturiser yang formulanya oil-free. Ringan untuk kulit berminyak, menurut deskripsi di kemasannya dapat membantu mencegah jerawat & komedo

Clean n Clear fairness moisturizer, formulanya juga ringan & bebas minyak untuk remaja belasan tahun yang ingin mencerahkan kulit. Dilengkapi SPF 15 sebagai UV filter.

Mustika Puteri Silky White Tinted Moisturizer. Moisturizer ini memberi warna alami pada kulit, bisa meratakan warna kulit dengan coverage yang sheer. Tidak berat seperti foundation dan tetap natural untuk dipakai sehari-hari ke sekolah. Diklaim bisa mencerahkan kulit. Saya pernah mereviewnya di sini

2. Sunblock/sunscreen

Untuk kalian yang sering kegiatan di luar ruang, misalnya ikut ekskul olahraga & paskibra, pastinya butuh perlindungan ekstra untuk kulit. Sinar ultraviolet itu nggak hanya menyebabkan kulit gelap. Biasanya kan cewek-cewek takut kulitnya tambah gelap, hehe.. Sinar UV yang menyebabkan kulit gelap adalah UV B. Yang lebih bahaya adalah sinar UV A karena meresap lebih dalam ke kulit, merusak sel-sel kulit sehingga kulit menjadi kusam & terjadi penuaan dini. Karena sel-sel rusak, kulit juga rentan terkena masalah, misalnya jerawat yang sulit sembuh & meninggalkan bekas berupa noda & scar. Nah makanya sunblock itu penting banget.

Banyak konsumen yang memilih sunblock dengan angka SPF yang tinggi. Sebenarnya berapapun SPF yang dikandung suatu produk, efisiensinya tidak jauh beda dan semuanya harus diulangi pemakaiannya saat aktivitas outdoor yang tepapar sinar matahari terik. Semakin tinggi SPF, semakin banyak kandungan bahan kimianya (baca di sini )

Ini contoh sunblock yang ringan untuk remaja. 

Parasol ungu yang sedikit kandungan bahan kimianya. Mudah ditemukan di berbagai apotik

 
Skin Aqua UV moisture gel untuk kulit normal-berminyak, UV mild milk untuk kulit kering-sensitif. Tidak hanya berfungsi sebagai sunblock, Skin Aqua juga bisa berfungsi sebagai pelembab. 

Acnes UV Tint. Selain sebagai sunblock, juga berfungsi untuk perawatan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Sebagai tinted moisturizer juga. Serba guna ya? Pernah saya review di sini

3. Bedak

Pilih bedak sesuai jenis kulit. Kulit berminyak sebaiknya memakai loose powder, hindari two way cake karena selain berat juga mengandung banyak minyak yang membuat kulitmu "tidak bebas bernafas".  

Bedak Marck's, bedak sejuta umat. Sangat ringan di kulit, oil control bagus, baik untuk kulit berjerawat karena mengandung asam salisilat. Saat awal pemakaian memang terlihat putih tetapi lama-lama menyatu dengan warna kulit wajah. Tidak tahan lama, dalam beberapa jam wajah sudah terlihat kucel lagi. 

Pigeon Translucent Loose Powder with Squalane
Pigeon compact powder, formulanya lembut. Dilengkapi jojoba oil dan squalane yang menjaga kelembaban wajah, serta chamomile sebagai anti iritasi. Cocok untuk kulit normal-kering. Sama seperti loose powder lainnya, bedak ini juga tidak tahan lama di wajah.

Mustika Puteri. Ada beberapa pilihan warna sesuai warna kulit orang Indonesia sehingga tidak perlu takut terlihat terlalu putih saat memakainya. Oil control biasa saja & tidak awet juga.

Jika ingin bedak yang praktis dan bisa dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah, kamu bisa memilih compact powder, terutama jika kulit tidak terlalu bermasalah. 

Pigeon compact powder. Banyak review yang bilang bagus. Pilihan warnanya terbatas, agak kurang masuk untuk kulit Indonesia tetapi lama-lama menyatu dengan warna kulit. Kurang awet & oil control biasa saja, mengandung mineral oil sehingga kurang cocok untuk pemilik kulit berminyak.

 
Mustika Puteri. Kemasannya sungguh menarik untuk kamu yang suka warna pink

Mustika Puteri Silky White compact powder dilengkapi whitening complex dan UV filter untuk menjaga kulit wajah tetap cerah

Acnes compact powder, bedak padat untuk kulit berjerawat. Mengandung antibakteri, anti UV, dan anti iritasi. Oil control biasa saja, coverage cukup baik. Untuk kamu yang benci bau sulfur siap-siap tahan nafas, hehe..

3. Sunscreen Lip balm

Tidak hanya wajah, bibir pun perlu dilindungi dari sinar UV. Jika peraturan sekolahmu benar-benar ketat bahkan pakai tinted lip balm saja tidak diperbolehkan *pengalaman pribadi lagi*, mau nggak mau kamu hanya bisa pakai lip balm transparan. 

Nivea Med Protection, sangat melembabkan & mengandung anti iritasi (bisabolol). Tidak berwarna, mengandung SPF 15

Maybelline Baby Lips yang tidak berwarna. Mengandung SPF 20. Wangi buah-buahan yang segar. Kelembabannya tahan lama.

Banana boat SPF 30. Tidak berwarna, aroma pisang. Waterproof, asik untuk dibawa renang. Saya dulu pernah punya. Tidak terlalu melembabkan, justru agak kering & tebal di bibir.

Lip Ice, sekarang kemasannya baru & ditambah yoghurt sehingga lebih lembab. SPF 15, tidak berwarna, dan ada beberapa pilihan wangi buah (mango, strawberry, lychee, blackcurrant, apple, lemon, cherry). Mengandung menthol, cocok buat kamu yang suka sensasi pedes-sejuk di bibir.

4. Tinted Lip Balm

Pilihlah lip balm yang warnanya soft dan sudah mengandung sunscreen. Berikut ini lip balm yang recommended

Nivea Fruity Shine. Mengandung SPF 10, warnanya natural di bibir, ada shimmer. Lembab di bibir tapi terasa ringan

Maybelline Lip Smooth Color & Care. Mengandung SPF 16. Kelembabannya tahan lama, tetapi agak terasa tebal di bibir (menurut saya). Warnanya juga cantik & non shimmer

Viva Chic On Lips. Produk baru dari Viva, sudah pernah saya review di sini
Ada UV filter, warna soft, sedikit shimmer, dan ada sensasi menthol

Itu saja sudah cukup untuk ke sekolah tanpa terlihat berlebihan. Cocok untuk anak SMP maupun SMA. Jika aturan di sekolah lebih longgar, wah bisa lebih leluasa lagi menentukan pilihan, hehe.. Kamu bisa pake ini untuk ke sekolah :

BB Cream

Pasti semua udah tau ya, BB cream itu all-in-one cream. Mengandung pelembab + sunscreen + foundation dalam 1 produk. Apakah ini sesuai untuk kulit remaja? Hmm.. saya nggak berani menjawab. Kenyataannya memang banyak remaja yang pake dan kulitnya baik-baik saja.

Yang jelas BB cream jauh lebih ringan daripada foundation cream. Saya bandingkan dengan foundation cream, karena kenyataannya banyak liquid foundation yang lebih ringan dari BB cream. 

Beberapa BB cream punya coverage yang menyamai foundation. Hmm.. ada adiknya temen saya yang cerita, dia pake BB cream ke sekolah. Coveragenya mantap, sampai ditegur guru karena dianggap berlebihan. Akhirnya dia cuma berani pake bedak padat.

BB cream dari berbagai merek. Merek-merek Korea banyak jadi favorit karena tekturnya yang mudah diblend dan ringan, coveragenya yang oke, staying power bagus, dan hasilnya yang natural

Lip Gloss

Lip gloss memberi kesan basah yang menggoda, makanya itu banyak sekolah melarang siswinya memakai lipgloss? Hehe.. Untuk remaja, pilihlah warna yang natural & soft.

Lip Ice. Ada UV filter, warnanya nuansa pink yang tidak lebay untuk remaja. Ada shimmer yang halus. Nggak terlalu lengket juga.

Nivea Glamorous Gloss. Mengandung SPF 15. Warnanya nuansa pink juga dan rasa buah.Tidak lengket, ada shimmer.

Maybelline fruity jelly lip gloss. Macam-macam wangi buah. Tidak ada shimmer hanya memberi kesan basah & warna alami di bibir. Lumayan lengket menurut saya.

Lip Tint

Lip tint sekarang sedang ngetrend. Untuk ke sekolah jangan pilih warna yang berani seperti merah/ oranye terang/ pink cerah. Pilihlah warna yang soft seperti baby pink atau peach, atau disesuaikan warna kulitmu.

Etude House Fresh Cherry Tint punya warna yang natural & tidak bikin bibir kering

Blush On

Untuk membuat pipi merona sehat, bisa pakai blush on yang warnanya lembut. Cara memakai blush on yaitu sambil tersenyum karena apple cheek akan terlihat. Blush on disapukan tipis-tipis di bagian yang menonjol (apple cheek) tersebut. Blush on yang cocok untuk remaja yaitu:

Red-A, salah satu produk lokal Indonesia yang memang menyediakan kosmetik untuk remaja. Warnanya bagus-bagus, sayang ada shimmernya. Saya juga punya blush on Red A, pernah saya review di sini

Face on Face, yang masih 1 produksi dengan Lip Ice. Ada 2 pilihan warna blush on yang lembut & natural, tanpa shimmer. Diperkaya hyaluronic acid untuk menjaga kelembaban kulit. Saya suka blush on ini kelihatan soft banget di pipi.

Maskara

Siapa yang tidak mau bulu mata lentik dan tebal? Maskara bisa dipakai setelah menjepit bulu mata dengan eyelash curler. Sebenarnya terlalu sering menjepit bulu mata itu tidak baik lho, karena bisa membuat bulu mata mudah rontok. Bisa juga memakai maskara tanpa menjepit bulu mata dulu, malah hasilnya tidak terlalu berlebihan. Jika kamu ingin maskara yang cocok untuk remaja, ini dia

Kluge transparent mascara dari Sophie Martin. Tidak ada warnanya, dijamin tidak kelihatan kalo kamu sedang memakai maskara. Saya pernah mereview maskara ini di sini

Ini maskara hitam dari Pixy, merek lokal juga. Sifatnya waterproof. Warnanya pekat, efek menebalkannya lumayan, tapi tidak dramatis seperti maskara Maybelline. Cocok untuk remaja maupun pemula. 

Nah itu saja.. Saya tidak menyebut eyeliner, lipstik, dan lain-lain karena itu terlalu kelihatan untuk dipakai ke sekolah, bisa dipakai untuk saat-saat santai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar